Kamis, Oktober 13

Tutorial Lengkap Membuat Blog Di Blogspot

1. Pengertian Blog

Sebelum kita memulai untuk membuat Blog di Blogspot terlebih dahulu saya akan jelaskan apa itu blog?
Blog merupakan singkatan dari web log, yang mempunyai definisi " Bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan -tulisan yang dimuat berupa posting pada sebuah halaman web umum". Media blog itu sendiri telah di populerkan pertama kali oleh Blogger.com yang dimiliki oleh google.com pada akhir 2002 lalu, sebelumnya blogger.com dimiliki oleh PyraLab dan kemudian diakuisi oleh google. Banyak aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka dan di tujukan untuk perkembangan para penulis/pengguna blog tersebut .

Blog mempunyai berbagai jenis, di antaranya :
  • Blog Pribadi , yang berisikan pengalaman pribadi seseorang dan juga sebagai wadah untuk curhat mereka.
  • Blog Politik, berisikan tentang berita politik, aktivis dan semua persoalan berbasis blog.
  • Blog bertopik, blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
  • Blog sastra, lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
  • Dan masih banyak lagi jenis-jenis blog lainnya.
Membuat blog di blogspot mempunyai banyak kelebihan yang memudahkan pengguna untuk lebih maksimal saat ngeblog ( istilah bahasa indonesia untuk blooging ) di antaranya pengguna dapat mengedit template sendiri sesuai dengan selera masing-masing. Anda juga dapat merubah nama domain blog dan tetap menggunakan hosting dari blogspot secara gratis.
Agar anda bisa langsung menikmati ngeblog kita lanjutkan dengan Tutorial Lengkap Membuat Blog Di Blogspot.


2. Langkah Awal Membuat Blog Di Blogspot

1. Untuk dapat melakukan registrasi di blogspot maka anda harus membuat email terlebih dahulu dan di sarankan untuk daftar di situs http://www.gmail.com. agar kita lebih mudah mengaksesnya  karena gmail juga milik google. Setelah anda mempunyai akun gmail maka anda sudah siap untuk membuat blog, berikut adalah step by step membuat akun blogspot :
2. Silahkan anda buka situs http://www.blogger.com
Setelah halaman terbuka silakan anda login dengan menggunakan akun gmail yang sudah dibuat sebelumnya, agar lebih mudah anda bisa merubah tampilan ke bahasa indonesia di bagian pojok kanan atas.

 Gambar : kolom-tutorial.blogspot.com

3.  Kemudian pilih tombol "Ciptakan Blog Anda"

 

    4.  Selanjutnya anda akan dibawa ke step-2 yaitu mengisi judul blog yang di inginkan, serta membuat alamat blog, sebaiknya anda buat alanat blog yang menurut anda paling sesuai karena alamat tidak bisa dganti.
Jika saat anda memasukan alamat blog ternyata tidak bisa digunakan maka coba anda masukan alamat lain yang di inginkan, karena mungkin alamat yang tadi dimasukan sudah terpakai member lain. Jika sudah benar anda klik tombol " LANJUTKAN "


5. Tahap ke-tiga yaitu memilih template dan warna yang sesuai dengan selera anda, kemudian klik "LANJUTKAN " menyelesaikan pembuatan blog.


6. Selamat !!! blog anda sudah jadi, sekarang tinggal meneruskan tahap selanjutnya untuk mulai mengisi posting di blog anda. Klik " LANJUTKAN " untuk menuju blog anda.


7. Untuk menyempurnakan proses pembuatan blog anda silakan anda memulai posting, pada bagian " Entri Baru " silahkan masukkan judul posting anda di kolom " Judul " baru anda menulis artikel yang sesuai dengan judul yang di cantumkan. Setelah selesai pilih tombol " Pratinjau " untuk melihat hasil Entri, jika sudah sesuai anda tinggal klik " Terbitkan Entri " untuk dipublikasikan ke public.


8. CONGRATULATION !!! anda sekarang sudah memiliki blog sendiri, jadikan blog anda sebagai sarana untuk berbagi dan berkreasi. Untuk Tutorial Membuat Blog berikutnya anda bisa baca di blog ini.


6 komentar:

  1. Terimakasih gan tips dan triknya menarik...

    BalasHapus
  2. Mantap gan tutorialnya..
    happy blogging :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks sdh berkunjung :)
      salam blogger

      Hapus
  3. makasih gan tips-trik nya....
    salam kenal,,

    BalasHapus
  4. If you'd like an alternative to randomly dating girls and trying to find out the right thing to say...

    If you'd rather have women chase YOU, instead of spending your nights prowling around in noisy pubs and restaurants...

    Then I urge you to watch this short video to discover a strong little secret that can literally get you your very own harem of attractive women just 24 hours from now:

    Facebook Seduction System...

    BalasHapus
  5. Terima kasih infonya, itu pakai blogspot.co.id atau blogspot.com ?

    BalasHapus