Selasa, November 8

Manfaat Dan Fungsi Menggunakan Sandboxie

Manfaat menggunakan sandboxie selain untuk membuka multi program dan account juga bermanfaat untuk mengurangi resiko terkena malware. Sandboxie adalah suatu program 32-bit untuk sistem operasi berbasis NT-Windows yang menjalankan program anda di ruang isolasi yang dapat mencegah perubahan pada program lain dan data pada komputer Anda. Program ini dikembangkan oleh Ronen Tzur. Program ini menciptakan lingkungan operasi Box yang terisolasi di mana aplikasi dapat dijalankan atau diinstal tanpa memodifikasi secara permanen drive lokal atau dipetakan. Sebuah lingkungan virtual yang terisolasi memungkinkan untuk menguji program tak terpercaya dan menjelajah web.
Sandboxie menjalankan program Anda di ruang isolasi yang mencegah mereka membuat perubahan permanen ke program lain dan data di komputer Anda.
Kegunaan Sandboxie :

1. Secure Web Browsing: - Menjalankan browser Web di bawah perlindungan Sandboxie berarti bahwa semua perangkat lunak berbahaya yang di download oleh browser akan terjebak dalam Sandbox dan dapat dibuang trivial.

2. Enhanced Privasi: Browsing history, cookies, cache dan file-file sementara yang dikumpulkan sewaktu browsing Web tinggal di Sandbox dan tidak bocor ke Windows.

3. Secure E-mail: Virus dan perangkat lunak berbahaya lainnya yang mungkin bersembunyi di email Anda tidak bisa keluar dari Sandbox dan tidak dapat menginfeksi sistem Anda yang sesungguhnya.

4. Windows Stays Lean: Mencegah terjadinya kerusakan di Windows dengan menginstal perangkat lunak ke dalam Box Isolasi Sandbox.

5. Mencegah perubahan pada kedua file Anda dan pengaturan registri, sehingga hampir mustahil untuk setiap perangkat lunak untuk mencapai di luar sandbox.

6. Perangkap item cache browser ke dalam Sandbox sebagai produk sampingan dari operasi normal, sehingga bila Anda membuang Sandbox, semua catatan sejarah dan lain efek samping browsing anda juga hilang. so tunggu apalagi silakan download sandboxie
Cara Menggunakan Sandboxie :

1. Anda dapat membuat beberapa sandbox pada Sandboxie dengan cara klik menu Sandbox lalu Create New Sandbox.

2. Bila Anda ingin menginstal dan menjalankan program melalui sandbox standard maka klik menu Sandbox –> Default Box –> Run Sandboxed –> Any Program.

3. Klik tombol Browse pada kotak dialog Run Sandbox dan arahkan ke file installer program (EXE).

4. Klik tombol Open, lakukan proses instalasi dan jalankan program.

5. Pada kotak Sandboxie Controll akan terlihat nama proses dan nomer sinyalnya (PID = Proportional Integral Derivative controller) selama Anda menjalankan program-program di sandbox. Bila Anda ingin menghentikan program maka klik kanan kemudian pilih Terminate Program. Jika masih belum bisa, klik menu Sandbox –> Sandbox yang masih aktif (misal Default Box) –> Terminate Running Program.

6. Klik kanan pada sandbox tempat program diinstal/dijalankan lalu pilih Delete Contents jika Anda ingin menghilangkan temporary files. Namun bila Anda ingin menhapus lebih bersih lagi dengan cara pilih Remove Sandbox. Anda tidak dapat menghapus sandbox default.

Sumber : -  http://yudhazen.wordpress.com & http://keranjangbesar.com

4 komentar:

  1. terimakasih gan...ane lagi cari panduan pake nya

    BalasHapus
  2. Bagus artikelnya sangat bermanfaat salam dari konsultan internet marketing

    BalasHapus
  3. Anonim2:43 AM

    ane msh agk bingung ni, kalau buat browsing make sandbox sebagai penyaring pirus gamana gan,,,
    mhon pncerahannya gan..
    terimakasih

    BalasHapus
  4. I've used Kaspersky anti virus for a couple of years now, I recommend this Anti virus to all of you.

    BalasHapus