Jumat, Februari 10

Tips Ampuh Merawat Komputer Pribadi


Tips Ampuh Merawat Komputer - Perawatan komputer khususnya CPU sangatlah penting sebelum terjadi kerusakan pada hardware maupun software. Kebanyakan dari pengguna komputer akan melakukan perawatan setelah terjadi kerusakan pada komputer sehingga mereka terpaksa harus merogoh kocek untuk mengembalikan kondisi komputer ke semula jika yang rusak terjadi pada hardware. Untuk mencegah hal di atas apa salahnya kita baca tips dibawah untuk menambah wawasan seputar komputer.

Berikut tips ampuh untuk merawat komputer :

Untuk perawatan Hardware :
  1. Bersihkan perangkat hardware seperti Motherboard, HDD, RAM, DVD RW, dan socket-socket lain dengan menggunakan kuas halus secara berkala.
  2. Letakan perangkat komputer pada tempat yg bersih, terjaga suhu dan kelembaban udaranya. Gunakan perangkat stabiliser yang berguna untuk menjaga stabilitas tegangan listrik ke power supply.
  3. Gunakan UPS (Uninterruptable Power Supply) perangkat ini sangat berguna disaat listrik mati, maka komputer akan tetap standby dlm beberapa waktu. Dan bisa mematikan komputer dengan prosedur yg benar.
  4. Bersihkan disk drive dengan menggunakan disk cleaner atau sejenisnya.
  5. Pada printer gunakan tinta dan pita semestinya, karena bisa mempengaruhi head printer dan bisa mengakibatkan kerusakan.
  6. Jangan menghubungkan atau melepas perangkat dalam kondisi komputer hidup, karena dapat menimbulkan kerusakan komponen karena adanya hubungan singkat pada konektor.
  7. Jauhkan perangkat disk drive dari medan magnet karena dapat merusak isi dari disk itu sendiri.
  8.  Pasang kabel ground. Apabila casing komputer nyetrum, ambil kabel dengan panjang seperlunya, ujung satu dihubungkan dengan badan CPU (pada casing) sedangkan ujung yg lain ditanam dalam tanah. Hal ini akan dapat menetralkan arus listrik yg “nyasar” sehingga dapat membuat komponen elektronik lebih awet.
Untuk perawatan Software :
  1. Hidupkan dan matikan OS komputer dengan proses yang benar. Mematikan komputer dengan menggunakan tombol power tanpa menunggu OS berhenti akan menyebabkan kehilangan data atau file-file sistem Windows,lakukan hanya bila terpaksa. Lebih parah lagi jika kerusakan yang muncul adalah kerusakan fisik harddisk akibat head mengenai permukaan harddisk.Jika mungkin,lakukan reboot komputer dengan menekan Ctrl + Alt + Delete secara bersamaan dan lakukan sekali lagi untuk reboot.
  2. Lakukan Scandisk dan Defragmentasi setiap sebulan sekali. Hal ini akan menjaga hard drive tetap sehat dan mencegak kerusakan.
  3. Backup data secara berkala, bisa menggunakan partition hard disk, CD, atau software tuk backup-restore.
  4. Sediakan minimal 100 MB dari C:drive atau drive sistem free (Windows). JIka anda gunakan Windows Me atau Windows XP maka sediakan 200 MB. Jika tidak cukup tempat untuk area kerja Windows maka akan memaksa windows untuk melakukan dumping data ke harddisk anda dan akan menyebabkan komputer bekerja sangat lambat.
  5. Uninstall program yang tidak berguna. Ruang harddisk yang terlalu banyak tersita akan memperlambat proses read/write harddisk sehingga beban kerjanya akan lebih berat sehingga harddisk akan cepat rusak. Biasanya akan muncul warning juga space hardisk kita sudah penuh. System operasi windows sudah mendukung akan hal yang seperti ini.
  6. Scan terlebih dahulu perangkat “USB atau disket” yang masuk ke komputer, untuk mengindari adanya virus, spyware atau sejenisnya, jika perlu matikan autorun.
  7. Bersihkan Recycle Bin secara rutin. Sebenarnya file/folder yang kita hapus tidak langsung hilang dari harddisk karena akan ditampung dahulu di Recycle Bin, namun ada beberapa jenis setingan yang bisa kita gunakan antara lain memberikan peringatan saat menghapus, hapus lalu simpan di tempat sementara atau hapus permanen. Untuk setingan yang hapus lalu disimpan ditempat penampungan ini dengan maksud agar suatu saat apabila Anda masih membutuhkannya dapat mengembalikan lagi. Recycle Bin yang sudah banyak juga akan menyita ruang harddisk yang dapat menyebabkan pembacaan harddisk jadi lelet.
  8. Instalasi sistem aplikasi sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan, tambah dan sediakan ruang kosong pada sistem hard disk bila cukup byk aplikasi yg diinstal, dan kurangi aplikasi yg tidak diperlukan.

6 komentar:

  1. posting yang bermanfaat, terima kasih telah berbagi

    BalasHapus
  2. tips yang bermanfaat sob...

    BalasHapus
  3. tips yg bagus
    lgsung gw praktekan

    BalasHapus
  4. All : Thanks :) sdh berkunjung, semoga bermanfaat...

    BalasHapus
  5. nah untuk software terkadang ane lupa untuk maintenance rutin, sehingga hanya hardware saja yang selalu dibersihkan

    BalasHapus
  6. Been using Kaspersky Anti virus for a couple of years now, I would recommend this product to all you.

    BalasHapus