Sabtu, November 19

Cara Membuat Tombol Facebook Like Tanpa Plugin

Di postingan saya sebelumnya tentang cara meningkatkan traffic blog, saya sampaikan bahwa salah satu cara yang bisa dilakukan untuk lebih mempopulerkan blog yaitu dengan memanfaatkan situs jejaring sosial yang sedang trend seperti twitter, facebook, koprol dsb, baik dengan mengimpor feed blog atau membuat tombol untuk share/submit artikel ke jejaring sosial tersebut sehingga artikel kita akan lebih punya kesempatan yang luas untuk dibaca oleh banyak orang.

Selain cara tersebut di atas anda juga bisa memanfaatkan salah satu fitur yang ada di Facebook yaitu dengan memasang tombol “Like” di dalam postingan atau di sebuah halaman. Ketika ada pengunjung yang tertarik dengan artikel anda dan pengunjung tersebut mempunyai akun di facebook kemudian menekan tombol Like tersebut, maka otomatis artikel beserta linknya akan terkirim di dinding facebooknya dan akan bisa dibaca oleh teman-temannya atau jaringannya.

Cara seperti ini sebenarnya sudah cukup banyak yang mempostingnya, namun karena masih banyak juga permintaan dari pengunjung blog ini yang menanyakan cara memasang tombol facebook like, maka sekalian saya buatkan tutorialnya.

Cara Pasang Tombol Facebook Like Di WordPress
Jika anda ingin memasang tombol Facebook Like di dalam postingan, anda bisa menempatkan script di bawah ini di dalam file single.php yang ada di folder theme yang anda gunakan.

<iframe src="http://www.facebook.com/plugins/like.php?href=<?php echo urlencode(get_permalink($post->ID)); ?>&amp;layout=standard&amp;show_faces=false&amp;width=450&amp;action=like&amp;colorscheme=light" scrolling="no" frameborder="0" allowTransparency="true" style="border:none; overflow:hidden; width:450px; height:60px;"></iframe>

Script (iframe) tersebut bisa anda tempatkan sebelum kode <?php the_content(); ?> jika tombol facebook like akan ditempatkan di atas postingan, dan setelahnya jika tombol facebook like akan ditempatkan di bawah postingan.

Beberapa parameter yang bisa digunakan berkaitan dengan tombol facebook like tersebut antara lain :
  • show_face=true, akan menampilkan foto profil facebook di bawah tombol facebook like.
  • layout=button_count, hanya akan menampilkan simpel button.
  • colorscheme=dark, pilihan warna background tombol facebook like lebih gelap.
  • action=recommend, mengganti tombol Like ke Recommend.
Di samping parameter tersebut di atas, anda juga bisa membuat pengaturan tentang tinggi dan lebar dari iframe tersebut.
Catatan :
Tombol facebook like ini di samping punya banyak manfaat juga ada kekurangannya yaitu, karena menggunakan teknik iframe mungkin akan sedikit memperlambat waktu loading, di samping itu juga akan menambah jumlah http request.
Kekurangan lainnya, setelah pasang tombol facebook like ini blog anda terutama untuk halaman single.php atau postingan menjadi ‘Tidak Valid HTML’.

0 comments:

Loading....

Posting Komentar